Negara Berpotensi Menjadi Calon Juara Piala UEFA Eropa 2020

Final Euro 2020 yang dihelat di Stadion Wembley tentu tidak akan disia-siakan timnas Inggris. Setidaknya jalan untuk berjaya di kandang sendiri sudah terbuka. Dalam pengundian grup Euro 2020 di Romexpo, Bukares, kemarin The Three Lions terhindar dari lawan-lawan kuat.

Menghuni grup D, Harry Kane dkk ”hanya” bertemu runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia dan runner-up Euro 1996 Republik Ceko. Satu lagi calon lawan Inggris di grup D adalah pemenang playoff dari jalur C (antara Skotlandia, Norwegia, Serbia, dan Israel).

Lawan-lawan The Three Lions tentu terbilang ringan dibandingkan konfigurasi di grup F. Juara dunia empat kali dan juara Euro tiga kali, Jerman, akan bentrok dengan juara dunia dua kali dan juara Euro dua kali, Prancis, serta juara bertahan Portugal.

Negara Berpotensi Menjadi Calon Juara Piala EUFA Euro 2020

”Kami lumayan mengenal dua lawan kami (Kroasia dan Rep Ceko, Red) dan itu membantu kami untuk terus memperbaiki diri,’’ ucap pelatih Inggris Gareth Southgate sebagaimana dilansir Daily Mail

Dalam setahun belakangan, tiga kali Inggris bertemu Kroasia. Pertemuan pertama terjadi di semifinal Piala Dunia 2018 dengan The Three Lions kalah 1-2 melalui babak tambahan waktu. Kedua tim dipertemukan lagi di UEFA Nations League A. Hasilnya, Inggris bermain seri tanpa gol di kandang Kroasia lalu menang 2-1 di Stadion Wembley. ”Kami memang mengungguli Kroasia di UEFA Nations League, tetapi itu tak mengobati keseluruhan kekecewaan karena kalah di semifinal Piala Dunia. Namun, kami senang dengan lawan-lawan yang kami hadapi,’’ ujar Southgate.

Sementara itu, Rep Ceko adalah lawan Inggris di kualifikasi Euro 2020 grup A. Di Wembley, Inggris berpesta lima gol tanpa balas. Namun, pada pertemuan kedua di Praha, Kane dkk menyerah 1-2.

Dari jadwal yang sudah dirilis UEFA, untuk matchday pertama di grup D, Inggris bertemu Kroasia (15 Juni). Lalu, mereka akan menghadapi pemenang playoff C (20 Juni) dan pada laga pemungkas bertemu Rep Ceko. Keuntungan bagi Inggris, semua laga berlangsung di Stadion Wembley.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic di laman resmi UEFA menyebut Inggris yang dihadapi di Euro tahun depan bukan Inggris di Piala Dunia 2018. Usia dan pengalaman penggawa The Three Lions saat ini makin matang dan tentu sudah berimprovisasi secara kemampuan. ”Mereka adalah tim yang fantastis saat ini dan rasanya tak mudah mengalahkan mereka di Euro 2020 karena kami harus bertemu di laga pembuka dan laga berlangsung di Wembley,” tutur Dalic. ”Namun, apa pun situasinya, tim kami tetap optimistis,’’ imbuhnya.

Pelatih 53 tahun itu menambahkan, lolosnya Inggris sebagai juara grup di kualifikasi plus angka produktivitas mencapai 37 gol dalam delapan matchday menunjukkan betapa unit serang Inggris sangat berbahaya. ’’Saya memprediksi tiga sampai lima tahun ke depan Inggris akan mendominasi sepak bola Eropa dengan skuad yang ada saat ini,’’ jelas Dalic.

Berada dalam konfigurasi fase grup yang ringan membuat Inggris diposisikan sebagai favorit calon juara Piala Eropa 2020 oleh rumah-rumah bursa. Inggris memiliki koefisien juara 5/1. Di belakangnya, ada Prancis dengan koefisien 11/2. Disusul Belgia di posisi ketiga dengan 6/1.

Kemenangan Pertama Inggris Pada Babak Kualifikasi

Dari pertandingan sebelumnya, Timnas Inggris meraih 568 kemenangan, 241 hasil imbang, dan menelan 190 kekalahan. Mereka juga mencetak 2188 gol dan kebobolan 984 gol. Berbekal catatan positif itu, Inggris bertekad memetik kemenangan atas Montenegro. Hasil positif akan membuat Tim Tiga Singa semakin dekat untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Saat ini, mereka berada di puncak Grup A dengan nilai 15. Timnas Inggris unggul tiga poin atas Republik Ceska di peringkat kedua, dan empat poin atas Kosovo di urutan ketiga. Selain Inggris versus Montenegro, pertandingan menarik lainnya yang akan tersaji adalah Portugal melawan Lithuania dan Prancis yang meladeni Moldova.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai